My Life's Journal

Sayounara Bandung!

1/10/2017 08:59:00 AM



November 2014, suatu malam di Gasibu*

Seberapa kuat gulungan kenangan hinggap pada ingatan kita ?

Saat masih tinggal di Bandung, saya pernah berpikir, “Gimana yah rasanya kembali pada keruwetan Jakarta? Menjalani hari-hari yang hectic, berjubel dengan ratusan orang menaiki krl, berkawan dengan polusi, dan berdamai dengan kemacetan?”

Saat itu saya memang sedang cinta-cintanya dengan Bandung. Sedang merasakan enaknya tinggal disana. Semuanya saya suka, dari mulai keadaannya, teman-temannya, pola hidupnya, pokoknya semuanya deh! Emang sih stress banget karena tuntutan tugas yang maha besar, tapi toh semua tugas akan selesai pada waktunya heuheu.

Saking cintanya saya sama Bandung, dulu saya pernah mengkhayal untuk bisa menetap disana. Saya berharap selama kuliah 2 tahun bisa bertemu jodoh dan menetap disana, tapi pada kenyataannya engga sama sekali ahahaa. Yang ada saya pernah dua kali jatuh cinta dan dua kali patah hati pula. Duh miris ya banget ya! Mimpi buat ketemu jodoh di Bandung pun pupus, saya mesti balik ke Depok dan akhirnya udah deh sama orang Depok aja ahahaa.

Hingga pada suatu titik, saya sadar bahwa kini saya telah berjarak dengan Bandung. 

Suatu waktu, saat saya sedang memasak seblak seorang diri di dapur rumah ibu, saya terngiang bahwa kami—saya & Bandung—kini telah berjarak. Tidak ada lagi kukulineran di sepanjang jalan Geger kalong yang menurut saya merupakan pusat jajanan enak buat kantong mahasiswa, dan tidak ada lagi malam-malam panjang yang berisikan celotehan, berbagai kecemasan, serta cerita tentang asa maupun cinta. Tidak ada lagi. Yang ada saat itu hanya saya seorang diri menyantap seblak makaroni dengan kenangan tentang Bandung yang terus membanjiri ingatan.

Kini saya sudah melepas Bandung.         

Nama Bandung akan tersimpan dalam ingatan sebagai tempat dimana saya belajar banyak hal, tertempa, dan mendewasakan diri. Dan segala kenangan yang pernah terukir disana, semoga selalu hidup dalam ingatan saya. 

Sayounara, Bandung!

*sumber foto: Koleksi pribadi

See other stories

15 comments

  1. Bandung penuh cerita dan kenangan ya dan move on :)

    ReplyDelete
  2. dan bandunglah segala kenangan tentang kita,, hehehe..
    semoga selamanya kita berteman :)
    sukses selalu kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bandung tempat kita bertemu:")
      Aamiin yaAlloh, bahagia terus mpep:*

      Delete
  3. bandung tempat ny emg bagus" , tp sayang skrg udh macet mulu -__- .

    mampir kesini kak kalo butuh info tmpt wisata Pariwisata siapa tau mau travelling lg gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iyah macet kalo weekend:")

      Oke sip thio,trims ya

      Delete
  4. Ahh Bandung. Kangen kangen. Semoga ada jodoh untuk reunian di Bandung..Sami bernostalgia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yaAlloh,
      Semoga diksh Alloh; umur, kesehatan,sama rejeki supaya bisa kumpul di bandung lagi yaaa:")

      Delete
  5. Replies
    1. Hi uni yeni, sedih yaa kalo mengenang bandung:")

      Delete
    2. Uni yeni kita blm jodoh ketemuan di solo yak hihi

      Delete
  6. Ayo bikin ribuan kenangan manis lagiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam dewi,
      Aamiin semoga yaaa, tapi di kota lainnya deh biar kenangannya banyak hihihi

      Delete