Traveling

Teras Cikapundung; Wajah Bandung yang Semakin Membumi

4/02/2016 12:33:00 AM

'indung kudu dijunjung, bandung kudu disanjung. urang pikanyaah cikapundung nu agung.'


Saya bete. Penat lebih tepatnya. Lalu dengan segera saya ajak kawan untuk jalan-jalan. Karena segalanya terbatas, alhasil kami memilih tempat yang mudah dan murah untuk dijangkau. Dan pilihan kami pun jatuh kepada Teras Cikapundung sebagai tempat pelepas penat.

Mengapa harus Teras Cikapundung?
  1. Lokasinya sangat amat strategis dari kampus kami yang terletak di jalan Setiabudhi. Cukup naik angkot sekali Caheum-Ledeng dan kurang lebih hanya menghabiskan waktu 15 menit perjalanan.
  2. Gratis! Apalagi yang dicari mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir seperti kami kalau bukan gratisan? Ya dari pada uangnya dihambur-hamburin, lebih baik buat biaya riset dan ngeprint revisi thesis, kan? Hihihi.
  3. Hits! Teras Cikapundung ini emang lagi nge-hits banget di kalangan warga Bandung. Tempat ini bisa dijadikan salah satu alternatif ruang publik yang murah meriah bagi keluarga. Setiap weekend, kawasan ini pasti penuh dan ramai. Anak muda, orang tua, anak-anak, semua tumpah ruah menghabiskan waktu bersama. Makanya kami memilih weekday saat datang kesana. Pertama selain memang punya waktu kosong di saat weekday dan kedua kami niat banget buat foto-foto. Kebayang dong kalo banyak orang gitu, yang niatnya mau foto-foto nanti malah backgroundnya orang semua, ahaha. 



Jadi menurut informasi yang saya baca, Sungai Cikapundung merupakan salah satu sungai penting di Kota Bandung dengan panjang 28 km. Hulu sungai ini berada di daerah Maribaya, Kabupaten Bandung Barat. Sungai ini mengalir ke selatan melalui Kota Bandung dan bermuara ke Sungai Citarum di daerah Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Nah restorasi Sungai Cikapundung ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas air agar berfungsi sebagai sumber air yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat. Fyi, manfaat Sungai Cikapundung ini banyak banget! Seperti untuk mengaliri pelbagai objek wisata Bandung (Maribaya, Curug Dago, Kebun Binatang, dll), sumber air PDAM kota Bandung, sumber energy listrik, dan sarana irigasi pertanian.

Nah gak kebanyang kan kalo sungai ini sampai tercemar, tentunya akan merugikan banyak orang juga. Untuk itu langkah restorasi Sungai Cikapundung, menurut saya sih salah satu langkah yang tepat untuk tetap menjaga sungai dan lingkungan.


Saat kami kesana matahari sedang terik-teriknya dan sayangnya pohon-pohon yang ada belum mampu meneduhkan. Mungkin salah satu tambahan PR untuk Pemkot Bandung yaitu memperbanyak pohon-pohon supaya kawasan Teras Cikapundung jadi makin asri dan nyaman.

Oh iya disana sebenarnya tersedia banyak colokan listrik. Kawan saya yang melihat begitu banyak colokan listrik pun sempat berbinar-binar matanya. Namun sayangnya binar matanya harus redup tatkala mengetahui bahwa colokan tersebut ternyata belum aktif.

Dear Kang Emil, semoga colokan-colokan listrik itu segera diaktifkan yah, Kang. Karena akan sangat membantu kami para mahasiswa tingkat akhir yang memiliki leptop dengan batere bocor mau mengerjakan tugas akhir disana. 

Bandung sepertinya sedang jor-joran untuk mempercantik diri. Dikomandoi oleh walikota yang sangat amat dicintai seluruh warganya, Bandung perlahan-lahan berbenah menjadi kota modern namun tetap membumi. 

Saya sebut membumi, karena entah mengapa di samping tingkat modernitas yang tinggi, namun kesederhanaan itu tetap ada. Keramah tamahan warga Bandung, adat istiadat yang tetap dijunjung tinggi, penjagaan alamnya yang begitu ketat, serta pembuatan banyak ruang publik yang begitu aksesibel menjadi nilai lebih Kota Bandung dibandingkan kota-kota besar lainnya. Hasilnya kebahagiaan warga pun meningkat tinggi. 

Bandung, tetaplah begini.

 tuh! inget pesan pak wali, ya! :)

See other stories

8 comments

  1. ini mah deket banget dari rumah ibuku, tapi belum sempet saja ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam mbak tira,
      Wah kapan-kapan mesti coba kesana mbak. Lumayan seru! :D

      Delete
  2. Eh bolak balik ke Bandung belum sempat ke sini. Saking banyaknya tempat yg bisa dikunjungi di Bandung, rasanya ga ada habisnya deh. Hehe. Pemkot Bandung mungkin mengalokasikan dananya dengan tepat jadi seolah jor2an memperbaiki fasilitas umum. Bandung kereen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam nia,
      Iyah bahagia yah banyak tempat wisata di bandung ehehe. Setuju, bandung semakin lebih baik! :D
      Haturnuhun sdh blog walking :D

      Delete
  3. Iyaa wisata murah meriah. Tempat melepas penat mahasiswa tingkat akhir yang galau karena banyak revisian hahaha #Ups Curhat

    ReplyDelete