My Life's Journal

Cinta itu Hadir Lagi

9/26/2015 04:00:00 PM




Bulan lalu saya kembali dipertemukan dengan salah satu siswa istimewa saya, Aby. Pada pertemuan yang cukup singkat itu, kami pun melepas rindu yang telah lama membuncah *agak didramatisir. Saat pertama kali bertemu kembali dengan salah satu siswa kesayangan saya itu, saya melihat dia begitu salah tingkah. Dengan sok sibuk memainkan tab-nya, dia pura-pura mengacuhkan saya. Pas saya ingin lihat tab-nya, ternyata dia sedang membuka akun instagram saya. Wah dia memang stalker sejati hihihi.

Sudah satu tahun lamanya saya tidak berjumpa dengan Aby. Hingga saat saya sedang liburan kuliah, mamanya mengajak untuk bertemu kembali. Mamanya cerita kalo Aby sering menyebut-nyebut nama saya di rumah (duh kayanya cuma Aby nih, cowo yang begitu sayangnya sama saya hihihi). Aby nampak lebih gemuk dan sehat. Mamanya juga sedang disibukkan dengan mencari SMA inklusif untuk tahun ajaran baru mendatang.

Aby pun kini semakin lihai memainkan tab-nya. Bahkan tak jarang Aby mengubah setting handphone mamahnya bahkan handphone saya saat kami bertemu. Dia juga kini memiliki banyak akun sosial media. Semua akun sosial media saya pun di-add nya tanpa terkecuali dan tak jarang banyak teman-teman saya pun di-add nya juga, hihihi.

Kamu tahu, “Salah satu kebahagiaan bagi seorang pendidik adalah apabila ia selalu hidup dalam ingatan siswanya. Terlebih siswa istimewanya.”

Ah, saya benar-benar tidak menyangka jika Aby masih mengingat saya. Rasanya bahagia. Sangat bahagia. Bertemu kembali dengan Aby, sama seperti menemukan kembali cinta lama saya. Saya masih ingat betul salah satu dosen pernah berkata, “Salah satu kunci dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus adalah mendidik harus dengan hati.”
 
Ya benar, semua berangkat pada hati. Tidak peduli seberapa tinggi title mu, seberapa luas pengetahuanmu, namun jika kau mendidik mereka tidak dengan hati maka segala apa yang telah kau bangun akan runtuh. Mengapa? Karena mendidik berhubungan langsung dengan manusia. Terlebih kebanyakan anak-anak berkebutuhan khusus memiliki hati yang sangat peka. Jika kau ingin diterima, maka sentuhlah pada hati mereka. Bahwa segala apa yang datang dari hati akan diterima dengan baik oleh hati juga.

Aby bagi saya adalah cinta. Juga beribu Aby di luar sana yang merupakan kecintaan saya. Ya, sekali lagi karena saya telah jatuh cinta dengan dunia ini. Dunia pendidikan kebutuhan khusus. Karena Aby dan beribu Aby lainnya di luar sana yang selalu menjadi penyemangat saya untuk terus belajar. Untuk terus memandang optimis pendidikan kebutuhan khusus ke arah yang lebih baik. Ya, karena apa yang saya perjuangkan kini, memang untuk mereka. Untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dan untuk pendidikan khusus yang lebih baik.

Bahwasanya, “Setiap anak baik anak-anak reguler maupun anak-anak berkebutuhan khusus, memiliki hak yang sama. Hak untuk dapat belajar, hak untuk mendapat aksesibilitas dalam melakukan kegiatan sehari-hari, hak untuk diterima dalam lingkungan, dan hak untuk mendapatkan kesempatan dalam bekerja dan mengaktualisasi diri kelak.”

Hingga pada akhirnya jalan inilah yang saya pilih. Memang tidak akan mudah, namun dengan beribu cinta dari mereka, hal itulah yang terus menguatkan saya. Sampai jumpa lagi Aby! Semoga langkahmu selalu diterangi cahaya. 
With love, Ms. Chia.  





P.S: Kamu, apapun yang sedang kamu perjuangkan kini; Perjuangkanlah dengan segala apa yang kamu punya. Karena setelah lelahnya berjuang, kamu akan menuai manisnya keberhasilan. insyaAllah.

See other stories

6 comments

  1. yaa, setiap anak berhak untuk mendapatkan kesempatan belajar, berkarya, mengaktualisasi diri dan diterima di lingkungannya tanpa harus dibeda-bedakan
    perjuangan yang mulia, semoga mampu istiqamah, beroleh kemudahan dan keberkahan, insya Allah
    salut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam prajurit,
      Aamiin yaAllah, hatur nuhun atas doa-doa baiknya :)

      Delete
  2. Wah, saya jd inget slh satu muridku dlu jg berkebutuhan khusus. Anak spt itu emang sgt spesial, mrk lbh tulus & pintar dr yg diduga... Smg Aby ttp semangat belajr ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam mbak ratna,
      Wah guru juga yah mbak? Iyah mbak, selalu ada hal2 yg menarik dr mereka. Aamiin makasi mbak doanya :D

      Delete
  3. Salam blogger.. :) terus semangat meramaikan blogger di indonesia.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam eby,
      Betul, semangat blogging terus! :D

      Delete