My Life's Journal

Tips Memilih Air Sehat untuk Berbuka Puasa

7/04/2014 07:01:00 PM



Assalamualaikum,

Alhamdulillah kita masih dipertemukan Allah dengan bulan Ramadhan. Udah puasa hari ke-6 nih, gimana puasanya ? lancar kan ? ngomong-ngomong soal puasa, pasti engga lepas dong sama yang namanya buka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tidak ada kebahagiaan yang paling besar bagi orang-orang yang berpuasa selain saat mendengar adzan maghrib berkumandang. Itu tandanya ‘Saatnya Buka Puasa’! :)

 Tapi terkadang saat buka puasa tiba, sebagian orang suka khilaf dengan memakan apa saja yang menarik di depan matanya. Ada kolak, sop buah dengan berbagai warna, es teh manis yang terasa begitu segar di tenggorokan, aneka gorengan dicocol sambal yang siap menggoyang lidah, dll. Tanpa terasa perut menjadi ‘begah’ sehingga sulit untuk beraktivitas kembali. Sulit untuk bangun dari duduk, sulit untuk sholat magrib, sulit untuk sholat isya, sulit untuk menjalankan tarawih, sulit untuk tadarus Al-Quran, dll. Loh loh kok jadi bahaya yah ? cuma gara-gara gak bisa mengendalikan nafsu berbuka, ibadah-ibadah lainnya yang istimewa jadi terbengkalai. Padahal, tujuan puasa itu adalah menahan hawa nafsu. Jika seharian penuh kita sudah berlelah-lelah menahan hawa nafsu pas buka puasa kita bales dendam gitu, kayanya makna dari puasa itu sendiri jadi hilang deh.

Nah makanya, yuk sama-sama kita belajar untuk memaknai apa sih hikmah puasa itu. Bukan hanya menahan nafsu dari imsak sampai maghrib, tetapi lebih dari itu. Rasulullah mengajarkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam berbuka. Beliau mencontohkan kita untuk berbuka dengan air putih dan 3 butir kurma. Kira-kira kenapa yah Rasulullah mencontohkan berbuka dengan buah kurma dan air putih ? kenapa Rasulullah engga mencontohkan berbuka dengan sop buah atau dengan gorengan aja gitu? hehee

Kurma
Rasulullah mencontohkan dengan memakan 3 butir kurma, karena ternyata tubuh kita memerlukan gula setelah berpuasa seharian. Untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh, memang disarankan disaat berbuka kita boleh memakan gula. Tapi gula pada buah-buahan lebih disarankan dan lebih baik yah, guys.
 
Pentingnya minum air putih
Nah guys, ternyata penting banget loh manfaat air putih di dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui kalo 70% tubuh kita itu berisikan air. Jadi air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Setelah seharian kita berpuasa ada baiknya saat berbuka kita meminum air putih terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh kita. Jika satu hari kita membutuhkan 8 gelas air putih, maka saat puasa itu bisa diakali dengan meminum 2 gelas air setelah berbuka, 2 gelas air menjelang malam, 2 gelas air sebelum sahur, dan 2 gelas air setelah makan sahur sebelum subuh tiba.

Pentingnya nilai air bagi tubuh kita tentunya gak lepas dari sudah layak kah air putih yang kita minum saat ini ? Tentunya kamu gak mau dong minum air putih yang ‘gak layak minum’. Karena inget guys, apapun yang masuk ke dalam tubuh kita baik makanan maupun minuman akan diproses tubuh dan berdampak pada tubuh juga. Kalo kita minum air dengan kualitas baik, pastinya akan berdampak baik bagi tubuh. Misalnya kebutuhan tubuh akan air terpenuhi, terhindar dari dehidrasi, melancarkan pencernaan, metabolisme tubuh menjadi lebih baik dll. Nah kalo kita minum air yang kualitasnya buruk, nantinya juga akan berdampak negatif pada diri kita sendiri, loh. Misalnya bisa timbul berbagai penyakit seperti gangguan ginjal, pencernaan, tipes, dan terjangkit penyakit-penyakit lainnya. Pastinya kita gak mau dong, terjangkit penyakit-penyakit seperti itu gara-gara air kita ‘tidak layak minum’. 

Nah cari tahu yuk air yang kita konsumsi sehari-hari udah layak minum atau belum. Caranya gampang, yaitu:

Yang pertama, pastikan air putih yang minum tidak berwarna. Kalo berwarna-warni udah pasti air sirup yah bukan air putih :p

Kedua, pastikan air putih yang kita minum tidak berasa. Rasa ini penting, karena kalo air putih yang kita konsumsi mengandung rasa tertentu maka sudah dipastikan ada zat-zat lain yang terkandung di dalamnya. 

Ketiga, pastikan air putih yang kita minum tidak berbau. Kalo air yang kita minum berbau, coba deh dicek itu bau air putih atau bau kamu yang belum mandi seharian :p

Keempat, pastikan air yang kita minum jernih dan tidak meninggalkan endapan


Kelima, air yang kita minum harus air matang yah guys. Pastikan kalo air putih yang kita minum sudah mendidih sehingga matang dengan sempurna. Lalu jangan minum air mentah, karena selain bisa bikin sakit perut menurut penelitian air mentah itu mengandung banyak parasit, bakteri, virus yang bisa membahayakan tubuh. Oia kebiasaan merebus kembali air yang sudah matang itu juga gak baik loh, guys. Mungkin niat awalnya mau irit, tapi nanti jadinya penyakit. Karena air matang yang dimasak kembali akan membuat kadar air menguap, sehingga kandungan Nitrat akan meningkat. Kalo sering mengonsumsi air seperti ini akan meningkatkan endapan Nitrat di dalam tubuh yang mengakibatkan keracunan. Hih, serem kan ?


Nah sekarang udah tahu kan cara membedakan air yang layak dan tidak layak minum ? coba deh sekarang cek air yang biasa kita konsumsi sehari-hari udah layak atau belum untuk diminum. Yuk, sama-sama kita belajar menjadikan puasa itu sebagai latihan diri menahan hawa nafsu termasuk menahan hawa nafsu untuk berlebih-lebihan. Yang paling penting tanamkan dalam diri bahwa puasa itu menyehatkan dan semoga puasa kita menjadi berkah bagi diri kita. Aamiin! 

Sekian dan Semoga bermanfaat! :D 




 


See other stories

0 comments