Special Education

Project Kolase Ceria

5/26/2014 10:25:00 AM



Halo para guru luar biasa!

Sudahkah membuat IEP untuk murid-murid ‘luar biasa’mu?

Nah kali ini aku mau share tentang program yang telah aku buat untuk salah satu siswa‘luar biasa’ku; Aby. Di IEP aku membuat beberapa program pre-vocational untuk Aby, yang salah satunya adalah membuat kolase gambar dari kertas warna-warni (origami) yang telah dibolongi kecil-kecil. Karena gak mungkin dijadiin judul “Membuat Kolase Gambar Dari Kertas Origami Yang Dibolongi Kecil-Kecil” atau yang disingkat menjadi ‘MKGDKOYDKK’ (rempong banget-_-) makanya aku namain jadi “Project Kolase Ceria” aja.

 
Kenapa namanya ada tambahan ceria? Karena project ini dibuatnya dengan senang hati dan ceriaaaa ;;) (agak maksa yah, hihihi).


 Aby sedang serius menempel :) 


Sebenarnya tujuan utama project ini adalah melatih kemampuan motorik Aby dalam membolongi kertas origami, memisahkan warnanya, lalu menempelnya dengan teliti. Selain itu aku mau membuat suatu program ‘Play and Leisure’ untuk Aby yang selain dapat melatih motorik halusnya juga mengasah keterampilannya dalam bidang kerajinan tangan. Nah sekarang mau tau kan cara buatnya gimana? Engga? Yah please dong mau tau yah yah yah? ;;) 


 
Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:
-          Kertas origami
-          Pembolong Kertas
-          Kertas gambar
-          Lem kertas
 
bahan-bahan yang diperlukan



Caranya:
  1. Sediakan kertas HVS/A4
  2. Gambar kertas dengan pola sesuai dengan keinginan siswa. Dalam hal ini mesti pinter-pinternya guru nih nanyain mau gambar apa siswanya. Kalo siswanya gak bisa gambar, kamu bisa gambarin buat siswa kamu. Atau kalo kamunya juga gak bisa gambar, bisa cari gambar di internet :p
  3. Namai setiap bagian gambar dengan warna-warna yang akan ditempel. Misalnya mau gambar bunga, lalu namai kelopak bunga warnanya dengan ‘merah’, namai tangkai bunga dengan ‘cokelat’, namai daun bunga dengan ‘hijau’, dll. Pada tahap ini juga bisa sambil belajar memperkenalkan berbagai macam warna pada siswa kamu yang belum bisa mengenal warna. Atau bisa juga kamu namai setiap warna dengan bahasa inggris, jadi siswa kamu juga bisa sekalian belajar bahasa inggris tentang warna.
  4. Bolongi kertas origami (untuk memudahkan pada saat menempel, guru dan siswa dapat menyediakan beberapa wadah untuk memisahkan warna-warna kertas origami yang telah dibolongi).
  5. Tempel kertas origami yang telah dibolongi sesuai dengan pola warna yang telah dibuat sebelumnya. Saranku: beri les kertas pada bidang gambar yang mau dikerjakan terlebih dahulu. Misalnya mau mengerjakan kelopak bunga terlebih dahulu, maka lem semua kelopak bunga. lalu pindahkan bolongan kecil kertas origami ke pola gambar menggunakan pensil (agar lebih mudah). Susun bolongan origami tersebut diatas kertas pola gambar sampai penuh dan sesuai pola.
  6.  Kerjakan dengan hati yang riang dan bahagia sampai selesai.


 kolase-nya belum jadi :))


Oiya ‘Project Kolase Ceria’ ini sangat amat berguna dalam melatih kesabaran serta keletatenan siswa loh. Jadi bagi kamu yang memiliki siswa yang masih agak rigid dengan tangannya dan bermasalah pada motorik halusnya, project ini recommended untuk dicoba. Terakhir, semoga project ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk kegiatan ‘Play and Leisure’ di sekolah kalian yah. Selamat Mencoba dengan siswa-siswamu yang luar biasa, para bapak dan ibu guru! :)) 



yeay akhirnya jadi! :))

See other stories

2 comments