Special Education

Proud to be Teacher (for Student with Special Needs)

3/15/2014 05:53:00 PM




Apa hal yang paling membahagiakan bagi seorang guru?

Sebulan yang lalu, sekolah kami sukses mengadakan “Talent Show for Student with Special Needs.” Acara talent show yang dirancang untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini merupakan rangkaian acara kegiatan tahunan sekolah dimana sekolah kami mengadakan berbagai macam perlombaan dengan mengundang berbagai macam sekolah setingkat SD-SMP. Jika pada tahun-tahun sebelumnya kompetisi yang dilombakan hanya untuk anak reguler seperti kompetisi futsal, story telling, speeling bee dll, pada tahun ini, sekolah kami menambahkan kompetisi untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Kompetisi untuk anak-anak berkebutuhan khusus diantaranya lomba mewarnai, menyusun puzzle, dan talent show.


Pada acara talent show itu, anak-anak berkebutuhan khusus yang kudampingi turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka tidak ikut berlomba melainkan sebagai pengisi acara.


Aby; tampil dengan membawakan puisi yang berjudul “Mama”. Puisi tersebut dibuat oleh Aby dan aku. Aku membantu Aby untuk mengembangkan apa yang ia tidak bisa ungkapkan tentang mama-nya. Aby tampil dengan penuh percaya diri. 



Tasha; bernyanyi dibantu dengan teman-teman choir nya. Pada penampilan kali ini, semua di-setting untuk menonjolkan Tasha. Sehingga teman-teman yang lain membantu Tasha sebagai backing vocal dan Tasha tampil sebagai main vocal.

Entah mengapa, saat mereka tampil aku ingin menangis. Bukan menangis karena sedih, tapi menangis karena bahagia. Ingin kupelukki satu-persatu siswa-siswi specialku, dan mengatakan “Ms. Chia bangga sama kalian. Kalian luar biasa!”

Apa yang paling membahagiakan bagi seorang guru?

Mungkin aku bukan guru terbaik dengan segudang prestasi, aku pula bukan guru hebat yang bisa menghantarkan siswa-siswinya memenangi kompetisi bergengsi. Tapi bagi guru untuk anak-anak berkebutuhan khusus sepertiku; melihat perkembangan positif anak-anak berkebutuhan khusus yang kubimbing dan turut ambil bagian dari perkembangan positif mereka adalah kebahagiaan yang luar biasa. Yah, kebahagiaan yang tak terbayar dengan apapun. Apapun.



See other stories

0 comments