Special Education

It's Time for Cooking Class!

12/25/2013 08:08:00 PM

It’s cooking time!

FYI, di sekolah tempatku mengajar ada kegiatan khusus setiap 2 minggu sekali untuk anak-anak berkebutuhan khusus/special needs. Kegiatannya bisa berupa performance art, cooking, fun biking, dll. Nah kali ini kegiatan 2 mingguan kami adalah cooking class. Sebenernya cooking class udah dilaksanakan sebelumnya dan ini untuk kedua kalinya. Jika sebelumnya kami memasak di sekolah, kali ini kami memasak di rumah Areta; salah satu anak special needs. (Terima kasih buat Areta sekeluarga yang telah mengizinkan rumahnya untuk diacak-acak :p)

Cooking class kali ini kami membuat pancake dan smoothies. Cooking class bukan dimaksudkan agar anak-anak special needs bisa atau pandai memasak layaknya seorang koki handal, tapi kegiatan ini lebih menitikberatkan agar mereka dapat melakukan kegiatan atau pekerjaan sederhana yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, seperti: belajar untuk mengaduk, memotong, menggoreng, memperkirakan kematangan kue, dll.
Selain itu untuk melatih motorik kasar dan motorik halus anak-anak special needs tidak hanya dengan melakukan kegiatan olahraga, okupasi ataupun sensory integration. Namun dengan melakukan kegiatan keterampilan memasak secara sederhana diharapkan anak special needs dapat mengoptimalkan gerak motorik kasar dan motorik halusnya.

Selama proses membuat pancake dan smoothies berlangsung, anak-anak special needs lah yang banyak mengambil peran. Teachers hanya membantu menginstruksikan langkah-langkah dalam membuat kue tersebut, memantau, serta memastikan tidak membahayakan mereka (seperti kegiatan memotong, menggoreng, dll).

 Aby mengaduk adonan pancake :9


Nah setelah pancake nya jadi, it’s time for plating!
Jadi anak-anak special needs masing-masing diberikan piring dan pancake yang telah dibuat untuk dihias. Disini para teachers membiarkan mereka menghias pancake sesuai dengan daya imajinasi dan kreativitasnya. Hasilnya lucu-lucu, dan we must appreciate it! :)

Tasha with her pancake :9

Nah makanya aku sangat merekomendasikan kegiatan cooking class ini untuk temen-temen yang mengajar di sekolah inklusif maupun sekolah khusus untuk diterapkan di sekolahnya. Memasaknya gak perlu yang susah-susah, bisa membuat kue sederhana. Yang paling penting dalam mengerjakannya anak-anak special needs nya happy & bisa melatih keterampilan mereka dalam salah satu social skills yaitu memasak. selamat mencoba para guru luar biasa! :))

Aby's pancake :9

See other stories

2 comments

  1. wah bisa bagi resep nih? mau dong :)
    Blogwalking, visit back ya :)
    http://atikasita.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. terima kasih sudah blog walking :)) mungkin nanti aku share beberapa resep kue yg sudah dipraktekkan langsung di post terbaru, salam! :))

    ReplyDelete